WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Teknologi Informasi & Multimedia : Perkembangan, Bentuk & Manfaatnya

Teknologi Informasi & Multimedia : Perkembangan, Bentuk & Manfaatnya

Kemudahan mengakses informasi dan mengkomunikasikan gagasan adalah hal yang bisa di jumpai oleh banyak masyarakat Indonesia. Di tambah lagi pemerintah kini sudah mulai giat melakukan pembaharuan hukum berkenaan kemajuan teknologi informasi dan multimedia yang dapat membantu masyarakat untuk semakin bijak menggunakan teknologi digital. Kitapun sering mendengar pro dan kontra mengenai dampak akan kemajuan teknologi informasi dan multimedia saat ini. Sebagian masyarakat ada yang mendukung dan sebagian lagi tidak. Tetapi jika perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan multimedia ini bukan merupakan hal yang baik, mengapa pemerintah saat ini cukup konsen menciptakan program-program pembangunan yang berbasis IT? Dan kenapa universitas-universitas di dunia memiliki fakultas/jurusan teknologi informasi dan multimedia? Hal ini menunjukan bahwa kemajuan teknologi dan multimedia bukanlah hal yang buruk pada dasarnya bahkan justru di pelajari karena bernilai manfaat yang cukup besar. Hanya saja pada tataran teknisnya di perlukan regulasi-regulasi yang mengatur keseimbangan dampak di sektor lainnya agar dapat memaksimalkan kemajuan teknologi informasi dan multimedia serta meminimalisir dampak buruknya mengingat setiap sikap memiliki dua sisi dampak, yakni dampak baik dan buruk. Tinggal bagaimana cara kita untuk bisa memilih cara yang mendatangkan lebih banyak manfaat dan meminimalisir dampak buruk yang di timbulkan. Bukankah begitu? Lalu sebenarnya apa sih teknologi informasi dan multimedia itu? Agar lebih jelas ada baiknya kita pahami mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Teknologi informasi di artikan sebagai segala bentuk teknologi yang memiliki komponen berupa software, hardware, brainware, data/ informasi/ pengetahuan yang dapat di terapkan untuk menyimpan dan mengirim sebuah informasi melalui media elektronik. Sementara multimedia menurut wikipedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi  (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika, game, dan juga website. Mudahnya kita bisa melihat penggunaan berbagai bentuk informasi dari gadget yang hampir-hampir sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia saat ini. Gadget memiliki bentuk perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/software serta kemampuan mengirimkan informasi misalnya berupa pesan teks gambar ataupun video dari ujung Indonesia bagian Timur kebagian lain dalam hitungan detik. Bahkan lebih dari itu, pesan tersebut bisa di kirim dan di akses pula oleh masyarakat dunia. Sehingga teknologi informasi dan multimedia hampir tidak bisa di pisahkan. Ketika zaman teknologi informasi dan multimedia belum secanggih saat ini, teknologi yang di gunakan untuk mengirimkan pesan bisa menggunakan surat yang bisa memakan waktu yang cukup lama berupa teks, atau di handphone yang agak lebih canggih bisa juga menyertakan gambar tetapi layanannya terggolong lebih mahal. Semakin lama teknologi informasi berkembang orang-orang mulai menggunakan e-mail, kemudian telepon atau pesan singkat, dan saat ini aplikasi chatting yang jauh lebih hemat dan simpel.  Dari contoh di atas, dapat di bilang bahwa ada 3 (tiga) kelebihan distribusi informasi menggunakan teknologi informasi dan mutimedia yang tengah berkembang yakni :

  • Lebih cepat

Informasi bisa sampai dalam waktu sekejap, tergantung kecepatan koneksi internet yang kita gunakan.

  • Penyebaran lebih luas

Kita bisa menyebarkan dan menerima informasi dari seluruh penjuru dunia yang sama-sama menggunakan koneksi internet

  • Penyimpanan data lebih lama

Tidak khawatir informasi hilang karena kertas rusak. Data akan tersimpan sesuai dengan kapasitas jenis teknologi informasi yang gunakan

Manfaat perkembangan teknologi informasi dan multimedia dapat di rasakan hampir di semua sektor di masyarakat misalnya pada bidang pendidikan, bidang bisnis dan industri, bidang kesehatan, bidang pemerintahan dll.

  1. Bidang pendidikan

Akses ilmu dari berbagai belahan dunia bebas tanpa batas, anggota sekolah khususnya murid dan guru dapat dengan mudah mengupgrade dan mengembangkan wawasan.

  1. Bidang bisnis dan industri

Pemasaran dan penjualan bisa dilakukan kapanpun dimanapun untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga pengembangan perusahaan bisa lebih cepat tercapai.

  1. Bidang kesehatan

Mencetak hasil pemeriksaan kesehatan berupa gambar maupun video yang lebih jelas dan akurat dapat mempermudah proses diagnosa dan pengobatan

  1. Bidang kepemerintahan

Informasi yang di tujukan untuk masyarakat dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu dan biaya.

Saking di butuhkannya teknologi informasi dan multimedia ini untuk menunjang percepatan pembangunan, pemerintah menargetkan bahwa pada tahun 2019, 100% wilayah desa/kelurahan sudah terjangkau jaringan 3G. Selain itu dapat kita dilihat bahwa banyak sekali perusahaan teknologi informasi dan multimedia baik dalam komponen hardware, software ataupun keduanya yang tumbuh di Indonesia. Karena dalam proses pembuatan suatu produk teknologi informasi dan multimedia di perlukan pemeliharaan serta pembaharuan sistem maupun konten sehingga di butuhkan berbagai peran selain seorang programmer yang mengerti bahasa pemograman.

Beberapa bentuk teknologi informasi dan multimedia yang saat ini banyak di tawarkan oleh perusahaan pada komponen software khususnya karena cukup urgent dan banyak digunakan  masyarakat  baik bagi perusahaan maupun yang di gunakan oleh perorangan karena kemudahan akses serta nilai kestragetisan dalam pengiriman dan menerimaan data/informasi yakni :

  1. Website

Adalah suatu halaman web yang saling berhubungan kumpulan berisi informasi berupa teks, gambar, audio, video atau gabungan dari informasi-informasi tersebut (multimedia) dan dapat di akses melalui browser serta koneksi internet. Website awalnya merupakan layanan yang menyajikan informasi mengggunakan konsep hyperlink yang memudahkan pengguna internet melakukan penelusuran informasi melalui internet.

  1. Aplikasi/software bisnis & perusahaan

Adalah suatu program komputer yang di kembangkan untuk melakukan tugas tertentu, dalam hal ini membantu kinerja bisnis/perusahaan dalam mengelola data yang di perlukan. Aplikasi ini dalam pengembangannya ada yang berbentuk aplikasi web yakni aplikasi yang bisa jika terkoneksi internet, aplikasi desktop yakni aplikasi yang hanya bisa di jalankan di perangkat koputer dan juga aplikasi mobile yakni aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile seperti android contohnya.

  1. Digital marketing

Adalah suatu usaha yang melalui proses perencanaan untuk memasarkan termasuk distribusi, mempromosikan produk maupun brand  dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen dan menghubungkannya dengan produsen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Contohnya seperti google adwords, instagram Ads, Facebook Ads dll.

  1. Desain Grafis

Adalah proses komunikasi yang di rancang menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, gambar artaupun ilustrasi untuk menyampaikan pesan seefektif mungkin. Oleh karena itu desain grafis perlu di buat dengan berseni dan taste. Contoh penggunaan desain grafis selain pada website, juga bisa di manfaatkan dalam membuat logo perusahaan, banner ads, compro dll.

Tingkat kemajuan teknologi informasi di setiap belahan dunia berbeda-beda. Di tingkat global, Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-115 dari 176 negara pada tahun 2015, dan naik menjadi peringkat ke-111 pada tahun 2016. Peringkat ini menurut Direktur Jenderal Aplikasi dan Teknologi Informatika sebenarnya masih tergolong rendah. Dari indeks TIK dengan skala 10, rata-ratanya berada pada nilai 5. Selain itu di Indonesia memiliki 34 provinsi dengan kesenjangan teknologi informasi yang besar dan hal ini merupakan tantangan yang sangat besar jika di bandingkan dengan negara tetangga. Perhitungan pembangunan teknologi menggunakan 3 subindeks yaitu, akses dan infrastruktur, penggunaan dan keahlian. Peningkatan paling tinggi terjadi dari sisi penggunaan yakni dari 2,21 menjadi 3,19. Artinya prosentase penduduk yang mengakses internet luar biasa. Tetapi kenaikan penggunaan perlu di selaraskan dengan pembangunan di sisi infrastruktur dan kemampuan SDM. Tentunya hal ini tidak bisa di lakukan melalui satu pihak, melainkan perlunya inovasi dan kolaborasi antarpihak sebagai kuncinya. Oleh karena itu kami mulai bekerja dari masalah yang di hadapi masyarakat dan ingin menjadikan layanan teknologi informasi yang kami kembangkan sebagai solusi agar masyarakat Indonesia lebih mudah memahami, mengakses dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi serta multimedia dengan bijak untuk kepentingan berbagai bidang khususnya bidang pembangunan prioritas seperti ekonomi.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping