WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Aplikasi HRM : Apa Manfaat dan Kapan Perusahaan Mulai Membutuhkannya

Aplikasi HRM : Apa Manfaat dan Kapan Perusahaan Mulai Membutuhkannya

Pengertian HRM

HRM (Human Resource Management) atau Manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan mengelola sumber daya manusia dalam suatu perusahaan meliputi proses recruitment, staffing, training, performance management, compensation, labor relations, kesehatan dan keamanan untuk menunjang visi dan misi perusahaan. Dalam suatu perusahaan, memiliki SDM yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Karena SDM-lah yang menjadi ‘mesin’ atas maju mundurnya sebuah perusahaan. Oleh karena itu sejak  revolusi industry, HRM terus mengalami perkembangan demi pengembangan SDM yang lebih baik sehingga kontribusi yang di berikan untuk kemajuan perusahaan juga bisa semakin besar. Bahkan Jack Ma, founder Alibaba Group mengatakan bahwa “We need a right people with you, not the best people”. Bagaimana menurut kalian?

Pengelolaan SDM yang baik, tidak bisa lepas dari data-data yang tepat tentang employees. Oleh karena itu sejak revolusi industry, HRM terus mengalami perkembangan. Hingga pada hari ini, pengelolaan data SDM dapat di lakukan dengan memanfaatkan kemajuan dari teknologi informasi dalam bentuk aplikasi HRM. Aplikasi HRM (Human Resource Management) merupakan sistem informasi online yang berfungsi mengelola data sumber daya manusia di sebuah perusahaan, organisasi/lembaga yang berbasis website apps untuk pihak administrator dan berbentuk aplikasi untuk mempermudah employee mengakses hal-hal yang penting bagi mereka seperti absensi, pengajuan izin dll.

 

Manfaat Aplikasi HRM (Human Resource Management)

Aplikasi HRM memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dalam mengelola perusahaan seperti :

  • Memperbaiki proses rekrutmen

Proses rekrutmen adalah proses awal yang menentukan bagaimana proses pengerjaan pekerjaan dan tanggung jawab terhadap target-target perusahaan akan di laksanakan. Oleh karena itu, proses rekrutmen memerlukan data yang valid, rinci dan rapi.

Banyak perusahaan kesulitan dalam proses rekrutmen, mulai karena berkas-berkas yang tidak tertata dengan baik, ditambah lagi pencatatan secara manual dan banyaknya posisi yang hendak di tawarkan dalam hiring membuat step dan catatan selama rekrutmen sehingga muncul kesalahan-kesalahan serta membutuhkan banyak waktu untuk mengelolanya kembali. Dengan menggunakan aplikasi HRM (Human Resource Management) proses rekrutmen dapat menjadi lebih baik karena berkas-berkas pelamar dapat disimpan dalam database bahkan menjadi paperless, employee hiring dapat di share di berbagai medsos perusahaan dengan lebih mudah karena di konektivisasi dengan aplikasi HRM, dan pencatatan step serta catatan selama proses rekrutmen dapat terotomatisasi sehingga dapat meminimalisir kesalahan informasi, serta pengecekan data dappat lebih cepat di lakukan.

 

  • Mendapatkan real time feedback

Salah satu kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efesien adalah adanya real time feedback antara HR dan karyawan. Misalnya pada masalah absensi, aplikasi dapat HRM mempermudah karyawan untuk melakukan absensi sekaligus meminimalisir system dari kecurangan. Real time feedback juga di perlukan ketika karyawan mengajukan izin sakit atau cuti. Dengan aplikasi HRM, dalam satu hari, HR dapat melihat keadaan real yang terjadi pada karyawannya dalam sebuah dashboard! Data-data karyawan lainnyapun akan lebih cepat dan mudah untuk di update.

Sehingga tidak perlu menunggu untuk mendapatkan laporan akurat terlalu lama. Laporan yang di lihat HR pada hari ini adalah apa yang terjadi pada karyawan hari ini. Data yang di lihat HR adalah data terupdate untuk dijadikkan pijakan bagi perusahaan.

 

  • Mengembangkan karyawannya

Salah satu indicator dari pengelolaan sumber daya adalah berkembangnya karyawan dari segi skill yang berpotensi memberikan kemajuan bagi perusahaan. Karena dengan jika skill karyawan stagnant, maka dari sisi karyawan akan cepat mengalami kejenuhan sedangkan dari sisi perusahaan sendiri selain akan mengalami kerugian dari berkurangnya daya kerja karyawan, mengembangkan skill dari karyawan dapat menjadi solusi agar perusahaan dapat beradaptasi di bidangnya, karena perubahan di dunia industry sellau terjadi. Oleh karenanya tidak ada salahnya, bahkan menjadi nilai plus bagi perusahaan jika perusahaan berhasil mengembangkan karyawannya sesuai dengan arah visi dan target perusahaan. Untuk mengembangkan karyawan, tentunya dibutuhkan data yang valid mengenai potensi, minat, track record kinerja dll agar dapat memilih karyawan yang memiliki nilai strategis jika mendapatkan fasilitas pengembangan skill. Tidak lupa, system yang dapat memonitor upaya pengembangan skill seperti training ; siapa pesertanya, jenis training yang di ikuti, start-end training dll juga di perlukan. Semua ini dapat di lakukan oleh aplikasi HRM.

 

  • Kemudahan menyimpan dan menaruh data

Hampir dalam semua proses memanajemen sumber daya manusia terdapat berkas/data yang perlu di simpan. Misalnya pada rekrutmen terdapat data cv, surat lamaran, portofolio dll, kemudian absensi terdapat data kehadiran harian, bulanan, tahunan, jadwal/pola kerja dll, pada payroll terdapat data slip gaji, pada proses training dan masih banyak lagi. Bayangkan jika semua data dari berbagai aspek tersebut di kumpulkan dalam bentuk hardcopy selama satu tahun, belum lagi di kalikan jumlah karyawan yang masuk dan keluar, bagaimana cara mengambil data ketika memerlukan datanya sesegera mungkin ataupun sedang melakukan pembbuatan laporan tahunan?

 

  • Memperbaiki efisiensi dan produktifitas

Kenapa aplikasi HRM dapat memperbaiki efisiensi dan produktifitas perusahaan? Hal ini berhubungan dengan apa yang telah di singgung sebelumnya mengenai kemudahan menyimpan dan menaruh data. Dengan adanya kemudahan system penyimpanan data yang teromatisasi dan terintegrasi dengan aspek lain dalam HRM, maka kesalahan dapat di minimalisir sehingga memperbaiki efisiensi dan produktifitas perusahaan akan meningkat karena karyawan memiliki cukup waktu dan energi untuk mengembangkan kinerjanya khususnya pada aspek kreatifitas dan inovasi.  Di bandingkan dengan penyimpanan data secara manual, dimana pengolahan data juga dilakukan manual oleh karyawan, potensi untuk terjadi kesalahan pada setiap proses penyimpanan dan berujung pada kesalahan pengolahan data.

 

  • Manajemen kemampuan SDM

Sebelum mengembangkan SDM, sebenarnya salah satu langkah terpenting dari pengelolaan sumber daya manusia adalah mengatur job desc sesuai dengan kemampuan yang dimiliki SDM. Sebab setiap SDM memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jika seorang HR dapat merekomendasikan SDM untuk di tempatkan pada suatu bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya maka hal ini akan mengurangi ketidak efisienan dalam bekerja. Hal ini tentu diperlukan data yang tepat dan update. Dengan adanya integrasi pada aspek data pribadi dan juga training yang telah diikuti karyawan, maka HR dapat memaksimalkan analisis penempatan kerja yang lebih tepat sesuai kemampuan SDMnya saat itu.

 

  • Memperbaiki pembuatan keputusan

Sebuah perusahaan perlu mendasarkan keputusannya pada asumsi data yang valid. Tanpa data yang valid maka sebuah perusahaan hampir tidak mungkin membuat suatu keputusan dengan tepat. Jika sebelumnya cara manual menyebabkan berbagai kesalahan dan ketidak validan data sehingga keputusan yang di dasarkan pada data tersebut menjadi kurang tepat, maka dengan kemudahan dan kecepatan dalam penyimpanan ataupun pengambilan data serta ke uptodate-an data menggunakan aplikasi HRM, pengambilan keputusan mengenai SDM, penetapan salary, bonus ataupun keputusan lainnya yang cukup krusial bagi perusahaan dan memerlukan asumsi dari department HRD akan lebih tepat.

 

Kapan Perusahaan Membutuhkan Aplikasi HRM

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah setiap perusahaan membutuhkan aplikasi HRM? Jika tidak, maka saat kapan seharusnya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi HRM?

Pada dasarnya, setiap perusahaan memerlukan tools ataupun cara pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien, tetapi konteks dan kebutuhan setiap perusahaan memiliki perbedaan. Jadi tidak ada salahnya jika perusahaan kecil yang misalnya hanya memiliki 5 atau 7 orang karyawan mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi HRM untuk menimlisir kesalahan dan mengefisienkan pengelolaan SDM. Karena jika satu sub departemen yang krusial sudah bisa berjalan dengan baik, maka waktu untuk memikirkan pengembangan perusahaan akan semakin banyak.  Tetapi yang perlu di ketahu, bahwa aplikasi HRM umumnya terdiri dari berbagai fitur yang di butuhkan mulai dari perusahaan yang masih kecil hingga perusahaan besar yang dalam jumlah SDM maupun aspek pengelolaan sdmnya sudah lebih kompleks. Jadi pilihlah fitur-fitur yang sesuai kebutuhan dan konteks perusahaan.

 

 

 

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping