WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Yuk, Mengenal Manfaat Website untuk UKM, Kini Saatnya UKM Naik Kelas!

Yuk, Mengenal Manfaat Website untuk UKM, Kini Saatnya UKM Naik Kelas!

Merupakan kabar yang membahagiakan, mengetahui bahwa perkembangan UKM di Indonesia saat ini cukup berkembang pesat. Sebab dapat dibilang bahwa UKM merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Hal ini di lihat dari data BPS tahun 2014, bahwa sekitar 50 % PDB (Produk Domestik Bruto) merupakan sumbangan dari UKM di bidang pangan, tekstil, pertanian dan kayu. Bukan hanya itu, dalam sejarah tercatat bahwa UKM merupakan satu-satunya penggerak ekonomi Indonesia saat krisis moneter melanda Indonesia dan dunia di beberapa negara. Maka tidak heran, jika pada tingkat pemerintah daerah maupun pusat saat ini sedang menggalakan berbagai upaya untuk mendukung UKM di Indonesia agar dapat terus berkembang. Selain dalam hal pendanaan, pemerintah juga membuat upaya lainnya misalnya seperti gerakan Satu Juta Usaha UMKM Naik Kelas. Definisi UMKM naik kelas ini secara sederhana dapat diartikan apabila usahanya semakin berkembang, produktifitas bertambah, daya saing meningkat, sehingga semua usaha mikro memiliki potensi naik kelas ke kategori yang lebih tinggi. Usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil, usaha kecil bisa menjadi usaha menengah dan seterusnya.

 

Permasalahannya, pengaruh globalisasi yang menyebabkan berkembangnya teknologi saat ini juga menimbulkan berbagai perubahan kebutuhan dan karakter pasar di Indonesia. Oleh karena itu, para pelaku UKM perlu memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan ini.  Tetapi nyatanya, masih banyak pelaku usaha yang masih enggan mengenal teknologi khususnya teknologi digital. Padahal dengan kreativitas masyarakat Indonesia yang beragam, akan sangat berpotensi membangun UKM yang berdaya saing tinggi. Berbagai cara dapat di lakukan untuk membangun eksistensi UKM di Era digital. Misalnya dengan menghubungkan para pelaku UKM di pertanian di dalam sebuah aplikasi berbasis Website, atau dengan membuat website untuk UKM Anda sendiri. Dan jika Anda tidak mengerti bahasa pemograman maka dapat memilih startup yang menyediakan jasa pembuatan website app. Sehingga para pelaku UKM cukup fokus pada produksinya saja.

 

Dulu para pengusaha mikro kecil atau menengah merasa tidak perlu membuat sebuah website untuk bisnisnya, karena merasa pasar yang telah di dapatkan sudah cukup bagi bisnis mereka. Disisi lain juga membayangkan tidak sanggup membayar biaya yang di perlukan untuk membuat sebuah website. Padahal tidak demikian. Pasar sangatlah dinamis, apa lagi di Era Digital saat ini, pasar selalu mencari tahu produk terbaru dan terbaik lewat website dan testimoni-testimoni. Sehingga bukan tidak mungkin kita kehilangan pelanggan dalam sekejap. Dan tahukah Anda jika website dapat lebih memaksimalkan promosi dan pemasaran usaha Anda? Kenapa? Mari kita bahas satu persatu :

 

  1. Mudah di Akses Sehingga Dapat Mengembangkan Segmen Maupun Jumlah Pasar

Dengan adanya smartphone, calon customer cenderung menggunakan internet untuk memenuhi berbagai keperluan salah satunya untuk menggunakan suatu barang/jasa. Website bagi sebuah bisnis ibarat sebuah rumah di dunia online, siapa saja yang mencari produk yang sejenis dengan produk bisnis Anda bisa menemukan bisnis Anda di manapun dan kapanpun hanya dengan satu sentuhan jari. Misalnya UKM-UKM di bidang pertanian atau perkebunan di suatu daerah ingin menjual hasil produksinya, maka dengan sebuah website aplikasi customer bisa datang dari daerah yang sama, daerah lain bahkan dari luar negeri.  Jangan lupa bahwa karakter customer online yang pertama adalah mencari yang termudah.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Promosi dan Kredibilitas Usaha

Jangan lupa bahwa karakter customer online yang kedua adalah mencari yang terpercaya. Karena tidak dapat bertemu secara langsung dan melihat toko serta produk yang di tawarkan tetapi disisi lain kebutuhan akan kemudahan akses juga cukup tinggi. Dengan website berbayar, UKM Anda akan terlihat lebih profesional karena dapat menggunakan domain pribadi dan hosting yang mencerminkan nama brand dan merk. Karena selain mudah untuk di ingat, pengusaha yang mau mengeluarkan biaya untuk mengelola toko onlinenya juga mencerminkan kesungguhan dalam kelangsungan bisnisnya,  sehingga itulah yang membuat customer dapat percaya dan memilih produk UKM Anda. Misalnya UKM Anda bergerak di bidang pakaian, Anda dapat menampilkan katalog jenis pakaian dan testimoni pelanggan. Sehingga pengunjung website lebih dapat memastikan jenis dan kualitas pakaian yang mereka beli sebelum akhirnya melakukan repeat order. Ingat, bawah pengunjung website kita adalah potensial customer.

 

  1. Media Promosi yang Hemat Uang dan Waktu

Dibanding dengan cara-cara lama memasarkan dan mengelola toko serta transaksi, misalnya sebar pamflet, banner dan sebagainya yang tidak bisa di pastikan berapa banyak orang yang membaca dan mengetahui produk Anda. Kita sulit memastikan efektifitas dan efisiensi promosi. Agar sebuah produk dapat di kenal di tingkat lokal , nasional atau internasinal, pamflet/banner harus bisa di akses, berapa lembar dan biaya transport untuk menyebarkannya? Selain itu, cara lama juga bisa dengan menampilkan iklan di televisi yang tentunya sangat mahal. Berapa jumlah biaya yang perlu di keluarkan untuk itu semua di banding sebuah website? Dengan sebuah website selain kita bisa memangkas biaya yang tidak perlu dan mengefisiensikan waktu pergi keberbagai tempat untuk memastikan orang mengetahui dan tertarik dengan iklan kita. Karena dengan website, kita mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung setiap waktu yang  berguna untuk mengevaluasi dan menciptakan inovasi untuk toko.

 

  1. 100% milik sendiri

Sebenarnya media untuk melebarkan sayap bisnis di dunia digital bukan hanya bisa di lakukan melalui website berbayar, tetapi juga dapat menggunakan marketplace dan blog gratis yang di sediakan oleh google. Tetapi konsekwensinya, Anda harus terikat aturan dan kebijakan dari marketplace dan blog gratis seperti blogger yang sewaktu-waktu toko online yang telah Anda bangun bisa saja di hapus oleh pihak marketplace ataupun blogger. Jika customer Anda sudah banyak mengetahui dan melakukan transaksi, dengan hilangnya toko anda di marketplace/blogger maka dalam sekejap customer Anda pun dapat menghilang. Tetapi dengan website milik sendiri, hanya Anda-lah yang dapat menghentikan toko online Anda sendiri. Selain itu dari sisi tampilan dan feature pun sangat terbatas, media seperti blog gratis hanya berfungsi untuk menampilkan foto dan tulisan dalam bentuk artikel. Sedangkan market place tidak bisa menunjukan keunikan toko yang membuat brand lebih mudah di ingat. Bukan tidak mungkin UKM Anda menjadi brand top of mind di masyarakat luas.

Mengenai masalah biaya, seperti yang telah di singgung sebelumnya bahwa teman-teman yang menekuni UKM atau pengembang UKM nampaknya perlu mengamati perbandingan antara biaya pembuatan dan perpanjangan website dengan potensi pengembangan UKM. Sebab pengaruh sebuah website bisa sangat signifikan terhadap UKM yang ingin bisa naik kelas, bukan? Tentunya untuk membangun sebuah website UKM yang menjadi rangking atas mesin pencarian juga perlu waktu dan inovasi konten yang menarik ya. Selain itu, website pun sebenarnya memiliki berbagai jenis kategori, yang dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pelaku UKM ataupun pengembang UKM. Seperti salah satu layanan yang kami berikan dalam web development, Hanlyn Multi Global memiliki beberapa paket pembuatan website yakni Website Basic Package (cocok untuk pribadi), Website Coorporate Package dan Website E-commerce yang di lengkapi dengan fitur transaksi jual beli sehingga Anda bisa membuat ‘toko online’ Anda sendiri atau bisa juga membuat Web Aplikasi sesuai request Anda. Jadi bagaimana, UKM Anda siap naik kelas melalui sebuah website?

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping