WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Aplikasi yang Paling dibutuhkan Entrepreneur Masa Kini

Aplikasi yang Paling dibutuhkan Entrepreneur Masa Kini

Ditengah pesatnya perkembangan & persaingan bisnis, banyak jenis kebutuhan digital yang diperlukan oleh pebisnis UKM maupun perusahaan besar masa kini. Tentunya kebutuhan tersebut berasal dari masalah-masalah yang seringkali di hadapi para pebisnis dan bersifat cukup krusial. Berikut adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem pengelolaan bisnis dan juga solusi digital dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang di perlukan bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis.

 

  1. Transaksi dan kontrol toko yang masih di lakukan secara manual

Masalah pertama, dalam hal transaksi penjualan dan pengelolaan produksi toko. Banyak dari pebisnis UKM maupun non UKM yang sering merasa kesulitan ketika harus menuliskan menangani transaksi pesanan pelanggan, sambil menghitung stok dan belum lagi membuat laporan. Hal ini sering membuat kita harus lembur. Belum lagi terjadi kesalahan ataupun ketidak akuratan perhitungan stok karena human error, mengakibatkan kerugian yang terakumulasi, menambah jam kerja semakin panjang dan pada akhirnya membuat kita kurang mencapai work life balance. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, tahukah Anda bahwa mesin kasir manual kini sudah bisa di upgrade menjadi versi online bernama POS online (Point of sale online)/mesin kasir online.  Tentu saja banyak sekali kemudahan yang akan di dapatkan dengan si mesin kasir online (POS Online) ini beberapa diantaranya adalah laporan lengkap dan tepat serta kemudahan memantau transaksi toko dimanapun kita berada. Apalagi tuntutan pengembangan bisnis di tengah persaingan ketat di Era serba cepat ini, aplikasi POS/kasir online dapat di bilang akan menjadi solusi bagi para pebisnis untuk mengelola transaksi toko serta back office yang bisa di akses dimanapun.

 

  1. Pengelolaan SDM yang berantakan

Kedua, bagi perusahaan yang telah memiliki cukup banyak karyawan tantangan selanjutnya ada pada ketepatan pengelolaan SDM. Proses analisis jobdesc, rekrutmen dan seleksi, training dan pengembangan, manajemen performance, struktur gaji insentif dan benefit, serta manajemen hubungan karyawan sangatlah penting untuk di perhatikan. Selain memiliki dampak kepada perusahaan  secara langsung yang kurang bisa mengukur  pecapaian target berhubungan dengan kontribusi dan kelayakan SDM, jika di abaikan haal ini akan memiliki efek turunan bagi karyawan. Sehingga jika tidak ingin karyawan yang di perkerjakan beramai-ramai mengundurkan diri ataupun bekerja asal tanpa memperhatikan kualitas kinerjanya karena over capacity, merasa tidak diperhatikan dll sehingga menimbulkan kemunduran bagi perusahaan. Pengelolaan aspek-aspek kepegawaian/SDM tersebut dapat di lakukan dengan baik jika tersedia data-data kepegawaian seperti absensi, cuti, gaji dll yang real time, cepat, akurat, dan terorganisir dengan baik. Tetapi seiring berkembangnya budaya, teknologi dan perkembangan perusahaan maka cara-cara manual seperti pencatatan dengan kertas, pengolahan data dengan rumus-rumus excel secara manual membuat cost waktu dan tenaga yang harus di keluarkan perusahaan tidak lagi efektif dan efisien. Misalnya resiko keterlambatan pencatatan data yang menyebabkan data tidak up to date, kesalahan pencatatan data sehingga menyebabkan tidak singkron, kesalahan rumus, kerusakan kertas dll. Padahal semakin banyak karyawan, artinya perusahahaan semakin berkembang dan targetpun semakin besar. Semakin banyak data yang perlu di kelola dan kecepatan serta ketepatan tindakan diperlukan. Oleh karenanya pada bidang teknologi informasi menghadirkan solusi berupa aplikasi HRM (Human Resource Management), yakni sebuah aplikasi yang berfungsi mengelola berbagai data SDM di atas hingga berbentuk laporan yang bisa di akses oleh pihak yang memiliki otoritas dalam perusahaan dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu kebutuhan data SDM yang real time, cepat, akurat, dan terorganisir dengan baik bisa di dapatkan dengan mudah. Bukankah bagi seorang pebisnis, waktu adalah kesempatan berharga? Dengan Aplikasi HRM, kita bisa mendapatkan waktu  dan tidak lagi khawatir tentang pengelolaan data SDM.

 

  1. Sulitnya mengintegrasi data antar departement

Beberapa aplikasi di atas memang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sistem data di departement tertentu saja. Tapi jika melihat suatu bisnis dalam sudut pandang yang lebih luas dimana kapasitas perusahaan sudah cukup besar dan kompleks, maka akan di temui berbagai departemen inti yang jobdescnya beririsan dengan department lainnya. Misalnya dalam keuangan perusahaan membutuhkan data dari departement penjualan dan begitu pula dengan departemen lainnya. Hal ini berarti kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi antar departemen di perlukan agar efektifitas kerja perusahaan tetap terjaga. Keterlambatan dan ketidak singkronan informasi menyebabkan permasalahan yang bisa saja berfek pada departemen lain. Akan sulit dan lama jika data yang di kerjakan di setiap departement masih di kelola secara manual dimana data terpecah-pecah dan memerlukan waktu serta tenaga ekstra untuk mengintegrasikannya. Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini kemajuan teknologi informasi menghadirkan Aplikasi ERP (Ernterprise Resource Planning).ERP mampu menyediakan informasi secara real time tentang proses bisnis perusahaan seperti produksi, order processing dan inventory management. ERP memantau sumber daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi dan pegawai. Dengan ERP, data dapat dimasukan dalam sistem dari berbagai departmen misalnya manufacturing, purchasing sales, accounting dsb. Dengan begitu ERP menjadi solusi komplit untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan.

Nah seperti itulah penjelasan tentang latar belakang kehadiran aplikasi-aplikasi yang saat ini banyak di butuhkan oleh para pebisnis. Hal itu menjadi salah satu motivasi bagi kami untuk terus berinovasi mengembangkan sistem informasi yang dapat menjawab permasalahan. Sebab selama pengembangan bisnis terus di lakukan maka inovasi-inovasi yang solutif selalu di butuhkan.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping