WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Mobile Website Atau Mobile Apps, Mana Pilihan yang Terbaik Untuk Bisnismu?

Mobile Website Atau Mobile Apps, Mana Pilihan yang Terbaik Untuk Bisnismu?

Jika kamu berencana hendak membuat sebuah tampilan mobile untuk organisasi, lembaga atau bisnismu, biasanya hal cenderung di bingungkan adalah memilih mobile website atau mobile aplikasi, ataukah perlu memilih keduanya. Mungkin ini karena sekilas mobile web dan mobile apps terlihat sama. Kalau kita melihat beberapa start up sukses di Indonesia yang berhasil memanfaatkan teknologi digital maka kita akan menemukan bahwa mereka menggunakan keduanya ; mobile web dan mobile apps.  Tapi bagaimana dengan konteks bisnis kita masing-masing, apakah perlu memilih keduanya atau salah satu saja? Maka dari itu lebih baik cari tahu dulu apa perbedaan, kekurangan serta kelebihannya dari mobile web dan mobile apps, setelah itu baru kamu bisa mengukur mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnismu; mobile web, mobile apps ataukah keduanya?

 

Mobile Website

Sebuah mobile website sama halnya dengan website lainnya yakni kumpulan halaman HTML berbasis browser yang dapat di akses melalui jaringan internet berupa  3G, 4G atau wifi. Tetapi berbeda dengan tampilan website dalam yang bisa di akses dengan PC biasanya berukuran besar, mobile website di rancang dengan desain tampilan, fitur yang lebih friendly maupun touch-screen interface di dalam ukuran layar kecil seperti smartphone. Karena kebutuhan website yang responsif sangat tinggi, saat ini hampir semua website sudah di setting bukan hanya  bisa beradaptasi di perangkat mobile (mobile friendly) tetapi juga secara otomatis bisa menyesuaikan ukuran tampilannya di semua perangkat, misalnya seperti tablet. Sehingga seperti website pada umumnya, mobile website bisa menampilkan text, foto, video, dan podcast. Tidak lupa, mobile website pun bisa menampilan tombol CTA (call to action) ataupun lokasi berbasis maps.

Mobile website memiliki sebuah prinsip di dalam sistemnya yakni develop once run everywhere yang berarti bahwa mobile web beroperasi dalam lintas platform untuk sekali pengembangan. Jadi, jika berbicara mengenai biaya, mobile web relatif tidak membutuhkan biaya banyak dalam proses pengembangan jika di bandingkan dengan dengan mobile aplikasi karena dapat berjalan dengan baik di semua browse dan platform mobile.

 

Mobile Apps

Mobile apps/Aplikasi adalah software yang dapat di download dan di install di dalam sebuah perangkat mobile melalui apps store seperti google play store, apple app store, mi getApps dll. Hanya saja ada beberapa aplikasi di android yang belum bisa support pada platform IOS. Di dalam sebuah aplikasi, bisa terdapat semua konten atau data yang ada di dalam website dan sangat mungkin untuk dapat di akses secara offline/tanpa koneksi internet. Dari segi dari pada mobile website, mobile aplikasi biasanya memiliki tampilan yang lebih menarik. Keamanan mobile apps juga bisa lebih terjamin karena di kontrol oleh toko aplikasi/vendornya masing-masing yang memberikan syarat dan ketentuan aplikasi.

Hanya sebagai informasi tambahan, menurut laporan yang di laporkan tahun 2017 oleh salah satu perusahaan analisis aplikasi App Annie, melaporkan bahwa orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan mobile apps di banding mobile web. Apakah kamu tertarik memilih aplikasi?

 

Perbandingan Mobile Webiste dan Mobile Apps

Setelah membahas mengenai gambaran tentang apa itu mobile web dan mobile apps, mari kita tarik perbandingan antara keduanya :

  1. Akses

Semua konten mobile web bisa di akses online di seluruh platform dimanapun kapanpun

sementara mobile apps memungkinan di akses secara offline tetapi tidak selalu tersedia untuk

platform IOS.

  1. Penggunaan perangkat

Keduanya bisa di gunakan dalam perangkat mobile, tetapi aplikasi hanya bisa di install di dalam

perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

  1. Tampilan dan keamanan

Dari segi tampilan dan keamanan dapat di katakan bahwa aplikasi lebih unggul.

  1. Biaya

Hal terakhir yang dapat di bandingkan berdasarkan pemaparan di atas yakni secara biaya, mobile

apps jauh lebih mahal dari pada mobile website.

 

Nah, setelah membaca penjelasan diatas apa sudah cukup memberikan pencerahan untuk memilih mobile web, mobile apps ataukah bisnis yang kamu jalankan siap menggunakan kedua nya sebagai sarana mengembangkan bisnismu untuk merangkul pasar yang lebih luas?

Sebagai tips, jika kamu ingin membuat aplikasi atau mobile website pilihanmu benar-benar tergantung pada tujuan akhirmu. JIka kamu ingin mengembangkan permainan interaktif, sebuah aplikasi mungkin menjadi  pilihan terbaik. Tetapi jika tujuanmu adalah untuk menawarkan konten yang mobile friendly bahkan kepada potensial audiens yang paling jauh, maka mobile website dapat menjadi pilihan yang bagus. Dalam beberapa kondisi, mungkin kamu juga membutuhkan keduanya, tetapi cukup bisa dikatakan bahwa biasanya kurang make sense membuat aplikasi tanpa memiliki sebuah mobile web. Secara umum, mobile web perlu di anggap sebagai langkah pertama kamu dalam pengembangan bisnis, sedangkan aplikasi berguna untuk tujuan yang sangat spesifik/yang tidak dapat dicapai secara efektif melalui browser web.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping