WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?




Ini dia, Fitur-fitur Aplikasi POS (Point Of Sale) Yang Penting Untuk Kemajuan Bisnis

<br/><br/><br/>Ini dia, Fitur-fitur Aplikasi POS (Point Of Sale) Yang Penting Untuk Kemajuan Bisnis

Berbicara tentang karakteristik pengelolaan proses bisnis, umumnya masyarakat Indonesia mungkin termasuk kedalam masyarakat yang cukup konservatif. Misalnya dalam hal pengelolaan transaksi toko, jika kita datang kesebuah rumah makan atau toko kelontong maka pelayan toko akan mencatat pesanan kita dalam selembar kertas lalu menghitungnya menggunakan kalkulator. Tetapi, seiring berkembangnya teknologi digital dan pengaruh globalisasi, kita mulai dihadapkan dengan berbagai tuntutan untuk mengotomatisasi proses bisnis termasuk dalam transaksi ataupun pengelolaan toko. Contohnya dalam masalah pembayaran, metode yang mulai umum di pilih bukan hanya cash. Kita bisa melihat para customer yang sedang berbelanja di sebuah toko sudah banyak yang lebih memilih menggunakan berbagai jenis pembayaran, seperti credit/debit card, online transfer atau e-money karena alasan kepraktisan, promo dan lain sebagainya, dibanding beberapa tahun lalu. Belum lagi dalam hal pemesanan barang/jasa di toko, customer sekarang menyukai kecepatan layanan yang itu artinya sebagai pengelola bisnis kita perlu lebih sigap. Bukan hanya bagi toko yang sudah besar bahkan bagi toko kelontong pun perlu menyiapkan hal ini jika owner ingin terus mengembangkan bisnisnya di era digital ini.

Karena itulah aplikasi POS (point of sale) mulai dikembangkan. Aplikasi POS (point of sale) atau biasanya disebut sebagai software kasir online merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mengotomatisasikan proses kerja pengelolaan toko. Nah, apa saja sih fitur-fitur penting dari aplikasi POS yang berpengaruh untuk kemajuan bisnis/toko yang kita kelola?

  1. Mengotomatisasi transaksi sehingga meminimalisir salah catat order

Kita tidak perlu lagi mencatat orderan dengan kertas dan pulpen, cukup mengatur daftar menu/barang/ jasa yang hendak di jual ke dalam aplikasi. Orderan juga bisa langsung terhubung dengan dapur (jika usahanya di bidang food and beveranges), bagian packaging barang/praktisi jasa (jika usahanya di bidang retail, barbershop, car wash dll) jadi tidak perlu teriak-teriak untuk memberitahukan pesanan yang masuk, dan miss comunication pun dapat di minimalisir. Sehingga waiter/ kasir bisa langsung melayani customer dengan cepat tanpa salah catat/hitung. Selain itu, customer juga bisa membayar dengan berbagai metode seperti cash, credit/debit card, ataupun e-money. Hal ini membantu pegawai toko dalam melayani pelanggan yang berkarakter digital era customer yang menginginkan kecepatan dan kemudahan. Dengan begitu potensi peningkatan jumlah customer akan semakin besar.

 

  1. Mengontrol penyediaan stok

Dalam pengelolaan toko bukan hanya tentang pencatatan pesanan atau pembayaran di kasir, tapi juga meliputi penyediaan stok. Kita sering lupa mengecek stok ketika toko sedang hectic. Kan gak lucu kita kehabisan saat customer sedang rame-ramenya. Nah, dengan dengan fitur ini kita bisa selalu update jumlah stok yang dan bisa langsung menghubungi supplier yang datanya juga bisa disimpan di aplikasi. Wah, makin gampang aja dong? Iya, kita tidak perlu repot cari-cari nomor supplier, bisa langsung klik nomor telepon supplier lewat aplikasi.

 

  1. Mengatur dan mengontrol jadwal kerja karyawan secara otomatis

Kita tidak perlu lagi pusing memikirkan pola kerja karyawan karena bisa kita setting lewat web apps POS dan secara otomatis di kelola dengan algoritma. Hal ini bisa menghemat waktu untuk mengerjakan hal-hal pioritas yang lainnya bukan?

 

  1. Menyimpan data customer dan membuat program loyalitas

Pelanggan merupakan bagian penting yang menentukan maju dan mundurnya suatu bisnis. Kita mencari cara agar pelanggan tetap menggunakan produk yang kita jual bahkan bisa membawa pelanggan lain untuk mengikutinya. Untuk merancang hal itu, kita perlu berpijak pada data. Dengan fitur  penyimpanan data pelanggan sehingga mempermudah kita untuk menentukan program seperti diskon atau promo untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Fitur ini juga bisa di setting untuk masuk dalam proses transaksi secara otomatis sehingga kita tidak perlu repot dalam perhitungan laporan.

 

  1. Kontrol seluruh cabang dan laporan secara otomatis

Rasanya masih kurang, jika kita bisa mengotomatiskan pengelolaan proses bisnis suatu toko, sementara pengelolaan cabang lainnya agak terabaikan karena tidak bisa tekoneksi? Oleh karena itu, dengan aplikasi POS kita juga bisa mengelola lebih dari satu cabang. Laporan transaksi pun akan tersedia secara otomatis dan di download dengan mudah lewat sebuah dashboard. Hal ini mengurangi resiko kesalahan dalam pelaporan sehingga bisa di jadikan bisa yang lebih akurat untuk mengembangkan bisnis.

Kebayang gak, jika semua proses kerja tersebut dilakukan manual apalagi sendirian? Sepertinya akan sulit bagi owner untuk bisa memikirkan hal-hal strategis lain yang berhubungan dengan kemajuan bisnis karena waktunya akan tersita untuk melakukan tugas-tugas praktis tersebut. Dan pada kenyataannya, selain kualitas produk dan strategi penjualan, proses pengelolaan/manajemen bisnis dalam sebuah toko merupakan hal yang secara langsung akan berdampak pada perkembangan suatu bisnis. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bisnis yang sudah besar saja, bahkan toko kelontong yang menginginkan bisnisnya tetap survive dan berkembang dimasa depan perlu mempertimbangkannya. Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui bahwa pengelolaan toko/bisnis nampaknya perlu dikelola dengan serius, baik untuk bisnis/toko yang skalanya masih kecil, apalagi yang sudah besar. Nah, gimana nih dengan toko kalian sudah pakai POS?

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping