WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?

Ingin Websitemu Muncul di Halaman Pertama? Kenalan Dulu Dengan SEO!

Ingin Websitemu Muncul di Halaman Pertama? Kenalan Dulu Dengan SEO!

Saat ini, hampir semua orang pernah menggunakan mesin pencari seperti google untuk mencari suatu informasi mengenai apapun, termasuk informasi mengenai produk yang sedang di butuhkan. Ketika proses mencari tersebut, pernahkah kamu memperhatikan website mana yang cenderung kamu pilih/ klik? Atau kapan terakhir kali kamu melakukan browsing di google, lalu scroll kebawah dan mengklik “next”? Ternyata beberapa fakta unik yang di temukan dari hasil statistik mengenai search engine google juga memperlihatkan kecenderungan hasil yang sama. Karena link organik rata-rata mendapatkan 90% klik pengunjung pada halaman pertama dan kurang dari 10% orang mengunjungi website pada halaman ke 2 di google. Nah jika kita bayangkan, banyak halaman website yang dihasilkan pada setiap keyword yang dicari di mesin pencarian, maka berapa banyak pula website yang tidak berhasil mendapatkan posisi pada halaman pertama Google dengan keyword yang seharusnya? Fakta ini menunjukan bahwa kemungkinan besar website yang di menjadi perhatian audiens/ potensial customer adalah website-website terkait keyword yang berada di halaman pertama. Lalu apa yang terjadi pada website yang berada di belakangnya? Lewaaat. Oleh karena itu, alangkah lebih baik kita memahami terlebih dulu apa dan bagaimana sih secara umum suatu mesin pencari (search engine) itu bekerja.

Memahami search engine

Mesin pencari/search engine, seperti umumnya benda di katakan sebagai mesin yakni merupakan alat yang di buat dengan kemampuan untuk melakukan hal yang diperintahkan oleh si pembuat mesin. Mesin pencarian misalnnya seperti google di rancang untuk membaca hal-hal yang berkaitan dan relevan dengan apa yang sedang di cari oleh user search engine tersebut. Mungkin mirip seperti kerja kecerdasan pada manusia yang dapat mengidentifikasi dan mengartikan suatu hal, tetapi mesin pencari membutuhkan caranya tersendiri. Misalnya jika kita menunjukan suatu foto anak kecil yang sedang tersenyum, maka manusia dapat memaknai bahwa gambar tersebut merupakan anak kecil yang sedang tersenyum dan lalu mengidentifikasi hal-hal terkait seperti bentuk dan warna pakaian, rambut, dll. Sedangkan mesin pencari akan sulit memahami gambar tersebut, dia membutuhkan cara untuk mengidentifikasi hal tersebut.

Lalu bagaimana mesin pencarian bisa memahami gambar tersebut? Dia perlu kode algoritma yang dapat mengasosiasikan gambar tersebut dengan data-data yang relevan, sehingga kita perlu menambahkan struktur yang tepat pada konten tersebut. Mesin pencari juga tidak secara acak mengurutkan hasil pencarian tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website. Disinilah letak tantangannya, dan mengapa SEO dipelukan oleh setiap website. Kita perlu memformat situs konten dengan cara yang bisa dipahami oleh mesin pencari. Bisa dikatakan, tanpa SEO, sebuah website sulit “dilihat” oleh mesin pencari.

SEO dan hal-hal penting yang harus di perhatikan

SEO (Search Engine Optimization) mungkin sering kamu dengar sekilas dan sering di kaitkan dengan marketing. Tapi, kebanyakan dari kita belum terlalu memperhatikannya dan tidak memilih SEO sebagai salah satu jurus digital marketingnya karena belum begitu tahu bagaimana SEO sendiri bisa berfungsi dan berpengaruh pada bisnis yang sedang kita jalankan.

Dari karakteristik mesin pencari yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat dipahami bahwa SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website supaya bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik atau bisa juga dapat dilihat dari meningkatnya visibilitas website di hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google secara alami/tidak berbayar/non-iklan/pencarian organik.   Lalu apa saja yang perlu di perhatikan dalam SEO? Berikut adalah hal-hal yang penting dalam proses SEO :

  1. Konten yang berkualitas

Pernah mendengar istilah “content is king?” Bisa dikatakan bahwa hal itu ada benarnya. Karena sekarang, Google sudah bisa memahami makna kata dan hal-hal yang berkaitan dengan kata-kata kunci lainnya. Karena google sudah bisa menilai bahwa suatu website membahas topik yang dicari oleh pengguna hanya berdasarkan kata-kata yang kamu gunakan didalam artikel. Jadi sekarang sudah tidak zaman melalukan penumpukan kata kunci.

  1. Perhatikan kata kunci/keyword

Hal ini masih berhubungan dengan point pertama, keyword yang tidak relevan denga nisi konten dari blog kita bisa di tafsirkan google sebagai spam. Jangan sampai menggunakan keyword yang sama berulang kali dalam Judul Tag, Meta Tag, Body Text.

  1. Hindari kesalahan HTML

Jangan sapai ada kesalahan HTML blog kamu karena akan memperlambat loading halaman blog dan akhirnya menurunkan rank page website kamu.

  1. Perbanyak konten paragraf di banding gambar

Masih tetap berhubungan dengan point pertama, usahakan konten kamu di blog atau website lebih banyak berbentuk paragraf dibanding gambar karena google lebih menyukai konten yang berbentuk paragraf dan sedikit gambar.

SEO dan Pemasaran

Halaman pertama di mesin pencari khususnya google memiliki prospektus yang besar bagi sebuah bisnis ataupun tujuan-tujuan organisasi dalam menyebarkan informasi yang ingin di ketahui oleh audiens secara luas. Dikutip dari searchenginejournal.com, 93% pengalaman online dimulai dengan mesin pencari, 81% orang orang melakukan beberapa jenis riset online sebelum melakukan pembelian besar, 78% dari pencarian mobile berbasis lokasi menghasilkan pembelian offline dan banyak fakta lainnya yang cukup mencengangkan, akan membuat kita benar-benar mempertimbangkan untuk menjadi website yang “mencuri perhatian” di mesin pencari. Website bisa menjadi kekuatan potensial  untuk digital marketing, tapi juga bisa tidak. Karena seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, website kita setiap harinya harus bersaing dengan ribuan website lainnya dan website kita tenggelam jika tidak terkelola dengan baik.  Jadi, website dapat menjadi sumber aset digital yang sangat potensial memberikan feedback atas goal pemasaran kita jika bisa di kelola dengan baik. Karena website layaknya seperti kavling alamat toko digital dimana setiap audiens yang merupakan potensial customer akan mengenal bisnis melalui apa yang kita tampilkan disana.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping