WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?




Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Strategi Marketing Bisnis yang Bisa Anda Coba

<br/><br/><br/>Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Strategi Marketing Bisnis yang Bisa Anda Coba

Di era digital ini, dari hari kehari pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin tinggi. Potensi industri e-commerce di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Kebanyakan pelaku e-commerce adalah UKM, yang terkenal merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional dan bisnis yang paling tahan banting sekalipun sedang mengalami krisis ekonomi.  

Apakah Anda juga termasuk orang yang sedang membangun bisnis Anda sendiri dan masih bingung bagaimana memulai pemasaran yang efektif di era digital? Banyak dari kita yang sudah punya barang/jasa yang ingin dijual bahkan memiliki account sosial media bisnis tapi belum tahu bagaimana di maksimalkannya untuk memasarkan bisnis.

Nah pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas semua social media yang memiliki fitur khusus bisnis tetapi akan memfokuskan pada Instagram saja. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa instagram merupakan salah satu media sosial terbesar yang pertumbuhannya sangat cepat. Saat ini tercatat bahwa Instagram memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto di bagikan serta mendapatkan 1,6 milyar likes. Oleh karena itu, Instagram bukan hanya sekedar bisa digunakan sebagai tools untuk berbagi foto dan video pribadi saja.

Bagi seorang pengusaha hal ini dapat menjadi peluang besar untuk mengenalkan bisnis dan menyentuh pelanggan-pelanggan potensialnya. Mungkin itu sebabnya instgaram bukan hanya meluncurkan Instagram biasa tetapi juga Instagram bisnis yang memiliki tools yang bermanfaat untuk kepentingan seorang pebisnis seperti memilih bagaimana cara audiens menghubungi kita misalnya email, sms, ataupun telepon yang buttonnya bisa langsung di klik dan yang kedua, dengan Instagram bisnis ini kita bisa . Selain itu, ada pula beberapa hal yang perlu di perhatikan supaya Instagram bisnis bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk pemasaran bisnis kita. Mari kita bahas satu persatu.

1.       Username dan Bio

Sebaiknya gunakan nama username yang sama di berbagai akun medsos lainnya. Hal ini agar audiens bisa lebih cepat dan mudah mengenali identitas bisnis kita. Pada kolom bio, jelaskan pula bisnis apa yang hendak kita tawarkan sejelas dan sesingkat mungkin.

2.       Photo Profile Instagram

Gunakan photo profile berupa logo bisnis Anda sendiri. Pastikan Anda harus memiliki logo sendiri dulu ya. Dan pastikan juga kalau logo tersebut adalah desain yang paling bisa menggambarkan jenis/bidang usaha kita. Karena ini adalah bagian dari pesan visual utama agar audiens bisa mengidentifikasi identitas bisnis kita. Banyak kejadian audiens malah jadi salfok karena logo yang di buat justru jauh dari identitas bisnis dan mengesankan hal lain yang bahkan megarah pada penilaian negative. Selain itu, gambar yang diunggah pun harus memiliki kualitas yang bagus, dan pastikan gambar presisi terlihat dalam bingkai photo profile Instagram yang berbentuk bulat.

3.       Follow Instagram Akun Lain

Untuk mengawali dan meningkatkan jumlah follower, mem-follow akun bisnis lain, influencers yang masih berhubungan dengan bidang bisnis Anda, ataupun para followers yang berpartisipasi dalam postingan Anda menjadi pilihan yang bagus untuk. Biasanya algoritma Instagram akan bisa menunjuk akun Anda untuk di sarankan pada followers ataupun following dari akun-akun yang Anda follow tersebut.

4.       Mengatur Objektif Instagram

Seperti halnya marketing konvensional, penggunaan Instagram bisnis untuk marketing juga harus memiliki objektif/tujuan yang jelas. Jika tidak ada tujuannya, maka sulit bagi kita untuk menyiapkan konten yang tepat dan mengukur pencapaian yang didapat. Tujuan tersebut seperti :

  • Meningkatkan awareness

Awareness adalah kondisi dimana customer dapat mengenali bisnis Anda dari logo, warna, tagline ataupun aspek bisnis lainnya. Dampak yang bisa di dapatkan ketika brand awareness bisnis kita meningkat adalah :

  1. Proses sales akan menjadi lebih efektif dan efisien,
  2. Target market akan lebih luas,
  3. Anda bisa menjadikan bisnis Anda sebagai pimpinan di bidangnya.

Supaya proses membangun awareness ini lebih cepat, Anda bisa menggunakan layanan Instagram ads. Dengan instagram ads, konten Anda bisa di tayangkan di akun target pasar Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan yang menyediakan layanan digital marketing sehingga Anda tidak perlu pusing dalam hal analisis dan menentukan budget yang tepat.

  • Meningkatkan engagement/interaksi

Engagement/interaksi dengan audiens customer Anda sangatlah penting. Biasanya cara untuk menarik perhatian adalah dengan bekerjasama dengan influencer yang memang sesuai dengan target pasar dan tentunya masih ada keterkaitannya dengan bisnis yang kita lakukan.

  • Feedback customer

Anda bisa mengetahui produk apa yang di butuhkan customer dengan mengetahui feedback dari mereka. Nah, Instagram juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan feedback dari customer. Jika orientasi bisnis Anda salah satunya adalah peningkatkan kepuasan customer, maka objektif ini cocok untuk Anda.

5.       Atur Strategi Konten Instagram

Selain pengelolaan akun Instagram, konten yang kita upload tentunya juga harus di kelola. Karena justru konten merupakan tampilan yang membuat akun lain merasa membutuhkannya dan akhirnya menjadi follower setia. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dari masalah strategi konten seperti :

  • Kelola tema konten supaya audiens tidak bosan
  • Kelola gambar dengan visual yang konsisten
  • Pengaturan waktu posting supaya tidak dianggap mengganggu bagi audiens
  • Tentukan guidelines untuk style Instagram supaya brand menjadi memorable
  • Tentukan guidelines untuk engagement dalam merespon akun lain seperti me-like, komentar
  • Gunakan fitur geo-tagging, caption yang menarik dan branded hashtag

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping