WeCreativez WhatsApp Support
Konsultasi kepada kami, gratis!
Hi, ada yang bisa kami bantu?




Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page Serta Pengaruhnya Terhadap Website Anda

<br/><br/><br/>Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page Serta Pengaruhnya Terhadap Website Anda

Saat ini sangat banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa seo, karena SEO blog maupun website SEO website menjadi bagian penting setelah kita memiliki website itu sendiri. Tetapi Anda perlu berhati-hati terhadap perusahaan yang menawarkan jasa seo dengan waktu yang ajaib alias sangat singkat. Karena SEO blog ataupun website pada dasarnya merupakan cara organik yang membutuhkan waktu cukup lama dan continue untuk membuat sebuah website bisa berada salam daftar halaman satu mesin pencari. Mengingat tujuan SEO diantaranya selain untuk meningkatkan visitor secara aman dan jangka panjang bagi perusahaan.

Berbicara tentang bagaimana praktik SEO itu sendiri, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan SEO on page dan juga off page. Karena sebuah mesin pencari akan mengevaluasi sebuah website berdasarkan apa yang ada dalam website (on page) dan seberapa popular sebuah website (off page). Lebih jelasnya, mari kita bahas apa itu seo on page dan off page, apa pengaruh keduanya, mana yang lebih penting dan juga apa saja komponen-komponen yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi on page dan off page tersebut.

SEO On Page

Seo On page adalah cara melakukan optimasi website yang berasal dari dalam website itu sendiri. Tujuan dari optimasi on page ini adalah supaya mesin pencari seperti google bisa mengenali dan menganggap bahwa website Anda benar-benar memiliki manfaat yang di butuhkan oleh para user. Oleh karena itu kata kunci dalam seo on page adalah relevan dan kualitas. Tanpa kedua hal tersebut, akan sulit website bisa teroptimasi secara on page dan menduduki salah satu daftar website di halaman pertama. Secara garis besar, dalam konsep seo, seo on page adalah hal yang sangat penting dipahami sebelum cara seo lainnya (seo on page). Jika seo on page ini di lewati, maka cara seo lainnya akan sia-sia saja. Lalu apa saja yang perlu komponen-komponen penting yang harus di perhatikan dalam seo website secara on page?

  1. Konten

Pernah dengar istilah “Content is king”? Memang ada benarnya bahwa onten yang berkualitas menjadi  hal yang penting karena jika konten malah sulit di baca dan pengunjung tidak merasa mendapatkan manfaat dari konten tersebut maka website akan lebih cepat pula di tinggalkan. Berbeda jika yang terjadi adalah sebaliknya, sehingga konten yang berkualitas seperti efek domino yang mengundang orang lain yang menerima konten share dari orang lainnya untuk visit ke website kita.

  1. Keyword

Kita perlu meriset keyword yang relevan dan popular dalam bidang bisnis kita. Karena dengan eyword yang popular dan tepat sasaran akan bisa mengunjang potensial customer untuk mengunjungi website kita sesuai keyword yang mereka ketik.

  1. Judul halaman

Jangan lupa, pakailah judul halaman yang mendorong orang lain untuk klik, tentunya sesuai dengan bidang usaha kita ya!

  1. URL

Gunakan URL yang bisa mewakili tema page website ataupun artikel Anda dan tidak terlalu panjang

  1. Meta Description

Dalam seo on page, kita juga perlu memperhatikan meta description yang mengundang klik

  1. Gambar

Gunakan gambar illustrasi dengan kualitas tinggi dan relevan supaya mengundang klik dari berbagai media yang terhubung dengan website kita.

  1. Internal link

Jangan lupa gunakan link di internal page website untuk mempermudah navigasi. Misalnya pada artikel satu dengan artikel lainnya, kata-kata yang memiliki hubungan dengan artikel lainnya bisa tautkan link dari artikel lainnya dalam website kita.

  1. Tombol share ke medsos

Pastikan bahwa tombol share ke berbagai medsos tersedia di setiap page website Anda untuk mempermudah pengunjung website membagikan konten Anda.

  1. Kecepatan respon

Apa yang terjadi ketika kita membuah sebuah website dan harus menunggu loading hingga 10 detik? Ya, benar. Kita pasti langung cepat-cepat meng-close website tersebut. So, jika Anda hendak membuat website untuk bisnis jangan lupa cek apakah kecepatan respon website bisa meminimalisir hambatan kecepatan website

SEO Off Page

SEO off page berkaitan dengan link building atau biasanya dikenal sebagai backlink. Apa pentingnya seo off page ini? Sebenarnya seo on page memang utama, tapi seo off page juga tidak kalah penting. Mudahnya bisa di bilang bahwa SEO on page akan menentukan kategori peringkat website Anda sementara SEO off page akan menentukan seberapa tinggi peringkatnya dengan memberi tahu mesin pencari seperti google tentang tanggapan pengunjung terhadap website Anda. Hal ini akan membuat membuat visibilitas website Anda semakin tinggi dan lebih banyak lagi pengunjung yang menyebut brand Anda serta menautkannya ke website Anda.

Tetapi cara seo off page sebenarnya bukan hanya dengan link building melainkan, bisa menggunakan beberapa cara yakni :

  • SEO off page lama
  1. Promosi di forum-forum
  2. Memasukan alamat web di mesin pencari
  3. Direktori artikel
  4. Menggunakan social media secara berlebihan
  • SEO off page terkini
  1. Link building, dengan cara yang aman dan di sukai oleh mesin pencari (natural link) yakni buat link website Anda di sukai oleh pemilik web lain dnegan menautkan link Anda di halaman websitenya. Membuat natural link memang tidak mudah, tapi jalan terbaik untuk membuatnya adalah membuat konten yang berkualitas dan relevan.
  2. Social Media, yakni dengan membagikan link website di sosial media yang di miliki oleh bisnis Anda.
  3. Local SEO berfokus untuk memberikan hasil yang sesuai dengan lokasi penggunanya, Anda bisa menggunakan Google Places for Business Page.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami seberapa penting SEO untuk masa depan website serta bisnis Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping