Scroll to top

Hal-hal yang Wajib Dimiliki Website E-commerce Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Anda

Hal Wajib Dimiliki Website
Hal Wajib Dimiliki Website

Hal Wajib Dimiliki Website

Hal wajib dimiliki Website Anda untuk membangun sebuah bisnis yang berorientasi pada pengembangan di masa depan, sudah tidak aneh lagi jika seorang pebisnis juga membangun sebuah website untuk bisnisnya tersebut. Sama halnya dengan toko offline yang perlu memiliki kelengkapan berjualan, pada website yang di peruntukan untuk bisnis juga memerlukan tools yang perlu di atur dengan tepat agar website bisnisnya memiliki dampak yang maksimal bagi kemajuan bisnisnya di dunia online. Apalagi, kita tidak secara langsung bertemu dengan calon customer, dan bisa di katakan kekuatan berjualan lewat media online khususnya website adalah pada apa yang kita tampilkan, diluar strategi pemasaran penunjang lainnya. Apa saja kah itu? Mari kita bahas detailnya!

1.       Kemudahan Penggunaan Bagi Pelanggan

Cara penggunaan yang rumit pada tampilan website perlu di hindari, hal ini di lakukan untuk menjaga kenyamanan pelanggan yang mengunjungi website kita. Ingat, bahwa tujuan awal pelanggan mencari informasi produk barang/jasa secara online adalah kemudahan. Jika kita malah mempersulit mereka, dengan proses yang bertele-tele dan tidak penting maka kitalah yang akan di tinggal. Mereka akan segera out dari website bisnis kita dan mencari toko lain yang lebih menghemat waktu mereka. Memang tidak ada fitur universal atau design khusus yang dapat menjamin bahwa toko online Anda bisa terangkat popularitasnya karena cara kerja online marketing selalu berkaitan dari satu aspek dengan yang lainnya. Jadi, menyiapkan design menu website bisnis yang sederhana (mudah di gunakan) sesuai dengan tujuan homepage yang dipahami adalah hal penting pertama yang di perlukan sebuah website bisnis.

2.       Mobile friendly

Hal kedua yang perlu di perhatikan dari website bisnis kita masih berhubungan dengan kemudahan dan akses yang lebih flexible dari berbagai perangkat. Untuk menyajikan tampilan yang maksimal,kini website bisnis wajib mobile friendly. Kenapa? Karena kebanyakan pelanggan mengakses toko online bukan hanya dari PC saja, tetapi jiga dari perangkat mobile-nya. Jika tampilan website belum mobile friendly, akan menyulitkan pelanggan untuk mengakses toko online Anda.

3.       Foto yang Original dan High Resolution

Selanjutnya adalah fitur yang dapat menampilkan produk barang/jasa yang ingin kita tawarkan dalam bentuk foto sebaiknya memiliki resolusi yang tinggi dan merupakan hasil real serta original dari bisnis kita sendiri. Hal ini dikarenakan, selain memberikan kejelasan atas visual produk, juga tampilan website bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dibanding mengambil foto miliki orang lain ataupun foto yang bersolusi rendah. Sehingga dapat menambah kepercayaan calon konsumen.

4.       Review/Testimoni Pelanggan

Hal yang tidak kalah penting dari sebuah website bisnis adalah testimoni. Dalam jual beli online, testimoni dari pelanggan yang telah memakai produk barang/jasa yang Anda tawarkan cukup berperan dalam keputusan pembelian. Ingat bahwa jual beli yang di lakukan adalah dengan media digital, sehingga kualitas barang/jasa jauh dari ‘pandangan’ pelanggan. Barangkali Anda sendiri enggan membeli barang/jasa yang tidak jelas. Nah, tugas dari fitur testimoni pelanggan ini-lah yang ‘mendekatkan’ gambaran kualitas produk di mata pelanggan. Jangan lupa sertakan testimoni yang memang menggambarkan produk kamu secara akurat alias tidak menipu. Dengan begitu dorongan take action pelanggan untuk membeli bisa semakin besar.

5.       Social Media Links

Dalam website bisnis Anda, jangan lupa untuk menyertakan link social media, ataupun langsung connect dengan social media dari bisnis Anda. Kenapa? Karena ini merupakan bagian upaya untuk mendapatkan kepercayaan calon customer. Secara umum customer online memiliki karakter journey kepercayaan yang lebih panjang sebelum akhirnya membeli produk dan melakukan repeat order. Adanya social media dari toko online Anda, dapat menunjukan keseriusan dan keterbukaan  Anda terhadap bisnis yang di jalankan. Tanpa social media proof, kepercayaan calon customer online menjadi kurang maksimal. Selain itu, link social media membuat calon customer pun lebih mudah berhubungan dengan toko Anda karena mereka tidak selalu membuka browser.

6.       Fitur Keamanan (Trustmarks)

Fitur keamanan juga penting bagi toko online Anda, karena Anda juga pelanggan Anda melakukan transaksi jual beli di internet. Artinya data-data pelanggan sangat rentan untuk di retas dan juga di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya dengan menyertakan fitur trustmark seperti kepemilikan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) & Firewall di tampilkan dalam sebuah icon di halaman website bisnis Anda akan menambah rasa aman dan nyaman dari pelanggan sehingga satu poin plus lagi untuk menghapus keraguan pembeli.

7.       Berita produk & penawaran khusus

Para pelanggan sebenarnya banyak yang lebih senang mencari sudut berita prduk terbaru ataupun produk yang sedang diskon di banding harus men-scroll/searching satu-persatu barang/jasa yang ada dalam website. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak untuk berbelanja. Dengan adanya halaman khusus untuk ini, bisa menjadi trigger untuk mengundang pelanggan datang kembali ke website bisnis Anda dan memilih produk Anda sebagai produk pilihan rutin mereka.

8.       Wish List & Log in

Rasanya sebuah wesbite bisnis tidak lengkap jika tidak ada fitur wishlist. Karena kemudahan masih paling utama dalam perjual belian online, maka dengan adanya wish list, pelanggan tidak perlu repot lagi untuk memilih barang jika seandainya ingin membeli produk di waktu kemudian. Tinggal log in saja dan masukan barang/jasa yang ingin di beli ke dalam wish list, ketika log out barang yang di pilih masih tersimpan dan jika di hari kemudian log ini kembali pelanggan tidak lupa dengan barang yang di inginkan bahkan bisa langsung melakukan pembelian. Fitur ini pun sebenarnya juga bermanfaat untuk pemasaran, karena menjadi pengingat tentang adanya barang/jasa yang pelanggan inginkan sebelumnya. Ini bisa mendorong keinginan untuk membeli.

9.       Kemudahan Proses dan Pilihan Pembayaran

Kemudian, lanjut pada proses pembayaran. Fitur pembayaran pada wesbite bisnis di usahakan menyajikan proses dan pilihan yang mudah serta terjangkau oleh pelanggan. Mudah artinya tidak berbelit-belit, dan terjangkau artinya pilihan caranya masih familiar di miliki oleh kebanyakan orang di negara/wilayah masyarakat yang di jadikan target pasar. Jangan sampai karena pilihan proses dan pilihan pembayaran rumit dan tidak terjangkau, pelanggan jadi enggan membeli. Ingat bahwa pelanggan Anda datang dari berbagai kalangan dan karakter, tidak semuanya memiliki ketahanan untuk mencari tahu cara pembayaran yang rumit dan berjuang menjangkau cara pembayaran yang tidak mereka miliki. So, apa salahnya kita menyediakan fitur pembayaran yang mudah dan terjangkau?

10.   Chatting Online & Kontak Informasi

Sebelum membahas poin terakhir, fitur yang satu ini sebenarnya termasuk fitur inti, yakni kontak informasi dan live chatting. Bayangkan jika dalam sebuah website bisnis tidak ada fitur kontak informasi & chatting online!

Fitur chatting online tentu saja berfungsi untuk melayani konsumen saat ini yang datang tidak kenal tempat dan waktu. Jika saat ini Anda memiliki bisnis online yang masih terikat jam kantor dan hari libur kantor pada umumnya, sangat mungkin pelanggan pindah ke toko lain.  Nah dari pada seperti itu, fitur live chatting ini bisa di pasang pada website bisnis Anda. Sementara itu, kontak informasi berguna untuk laporan atau konsultasi lebih pada hal-hal yang bersifat non pembelian, misalnya keluhan, saran, pengajuan kerjasama dll. Sehingga audiens tidak bingung saat hendak ingin menghubungi pihak dari bisnis kita secara lebih struktural.

11.   Fitur FAQ & Kebijakan Pengembalin Barang

Dan terakhir adalah fitur FAQ (Frequently Asked Questions) dan kebijakan pengembalian barang. Fitur FAQ sangat bermanfaat bagi pelanggan online. Tidak percaya? Jangan lupa bahwa customer online adalah orang yang quriousity terhadap produk Anda. Ketika hendak mencari tahu tentang bisnis Anda, seringkali pertanyaan yang muncul umumnya hampir samatetapi kurang bisa terjawab dari fitur-fitur yang ada pada website. Sehingga perlu di perjelas dalam bentuk tulisan agar customer merasa terbantu untuk memastikan pertanyaannya. Begitu pula dengan fitur kebijakan pengembalian barang.  Dengan adanya fitur tersebut, pelanggan tidak lagi was-was jika seandainya barang tidak sesuai dengan perjanjian.  Ini akan memberikan dorongan pembelian yang lebih tinggi lagi karena pelanggan merasa aman dan tidak akan di rugikan.

Jadi bagaimana teman-teman, apa ada hal penting lain yang belum di sebutkan dalam blog ini? Tulis di kolom komentar atau kunjungi medsos kami di instagram, twitter dan facebook. Jika tulisan ini bermanfaat boleh juga teman-teman share.

Author avatar
Hanlyn Multi Global
https://www.hanlynmultiglobal.com/

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.