Scroll to top

Kenali Peran Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Kenali Peran Digital Marketing untuk Bisnis Anda
Kenali Peran Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Kenali Peran Digital Marketing

Kenali peran digital marketing Anda, fakta bahwa kenaikan jumlah pengguna internet sangat signifikan, membuat digital marketing seakan bukan lagi menjadi alternatif pilihan cara marketing yang kesekian. Tetapi para pebisnis tampaknya sudah wajib menggunakan digital marketing untuk membesarkan apapun jenis usahanya. 

Campaign-campaign untuk segera beralih ke dunia digital sudah sangat sering kita lihat dan dengar dimana-mana. Sebenarnya apa sih peran digital marketing untuk sebuah bisnis? Jangan sampai kita hanya ikut-ikutan tanpa di barengi dengan dasar pengetahuan atau wawasan yang cukup mengenai digital marketing itu sendiri. Karena setiap langkah bisnis yang akan diambil akan mengandung dampak-dampak yang berpengaruh bagi kegagalan dan keberhasilan bisnis kita. Jangan hanya karena para agency ataupun melihat orang lain sudah menggunakan teknologi digital maka lantas kita jadi ingin ikutan saja.

Eits, hati-hati jangan-jangan pengetahuan ataupun sistem yang telah disiapkan teman kita itu sudah jauh lebih dalam ketika terjun menggunakan teknologi digital sehingga tentu hasilnya akan berbeda dengan mereka yang level pendalaman terhadap teknologi digitalnya lebih tinggi. Jangan sampai yang tadinya ingin untung, malah jadi buntung!

Banyak dari kita tergiur dengan keberhasilan dan manfaat yang di suguhkan teknologi digital khususnya dalam dunia digital marketing tetapi terlalu malas untuk sedikit mendalami dunia digital marketing secukupnya saja. Sehingga ketika gagal hanya bisa menyalahkan agency digital marketing atau langsung putar arah ke cara konvensional lagi.

Jika digital marketing di ibaratkan sebagai obat (solusi) bagi kebuntuan dunia marketing konvensional, maka yang perlu di ingat bahwa setiap obat juga berpotensi menjadi racun. Semuanya tergantung bagaimana cara kita menggunakannya berdasarkan pengetahuan yang kita miliki. Oleh karena itu sebelum masuk pada pembahasan mengenai peran digital marketing bagi ekonomi bisnis di Era Industri 4.0, lebih baik kita perjelas terlebih dahulu apa yang di maksud dengan digital marketing.

Marketing sendiri adalah kegiatan pemasaran meliputi perencanaan dan penerapan konsep penetapan harga, promosi dan distribusi. Sementara digital marketing adalah strategi/cara promosi menggunakan internet dengan berbagai media digital seperti website, aplikasi, blog, social media (whatsapp, line, facebook, instagram dsb). 

Tujuannya adalah agar bisa menjangkau konsumen lebih cepat dan tepat waktu. Nah, dari sini kita mendapatkan clue bahwa digital marketing adalah salah satu bagian dari kegiatan marketing yakni adalah strategi promosi. Sekarang, pertanyaanya adalah, apakah promosi itu? Apa hanya sekedar memberi tahu orang-orang tentang produk kita? Kalau begitu, kenapa di perusahaan-perusahaan besar promosi di buat menjadi satu team atau satu divisi tersendiri yang berarti memerlukan pemikiran dan action dari banyak orang?

Untuk lebih memahami pengertiannya coba kita bandingkan dari kedua ilmuwan ini! Menurut Boone dan Kurtz (2002 : 129), promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, mempengaruhi suatu keputusan pembelian. Sedangkan menurut Rambat Lupiyoadi (2006 : 120) promosi adalah salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.

Kegiatan promosi bukan hanya sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan kebutuhannya. Dari kedua pengertian tersebut dalam diketahui bahwa sebenarnya digital marketing merupakan proses yang kompleks dan juga kontinu. Karena balik pemilihan strategi promosi menggunakan media digital terlebih dahulu di perlukan rancangan konsep bagaimana proses komunikasi yang dapat menginformasikan, membujuk, mempengaruhi suatu keputusan pembelian agar sesuai dengan keinginan kebutuhan calon customer. Hal ini nantinya akan mempengaruhi desain, konten dan media digital apa saja yang di pilih.

Pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa digital marketing yang dipilih? Penting di ketahui bahwa peralihan dari media konvensional ke digital bukan hanya di dorong oleh dari para agensi-agensi pemasaran, pengusaha atau pemilik bisnis, tetapi yang lebih mendasar dari itu yakni konsumen yang ritme hidupnya semakin cepat.
Bagi konsumen yang ritme hidupnya semakin cepat, kemudahan menjangkau kebutuhannya adalah menjadi hal yang sangat penting, sehingga iklan digital/digital ads seperti google ads, facebook ads, instagram ads, banner ads sangatlah penting. Sehingga ketika mereka membutuhkan suatu produk barang atau jasa mereka tidak perlu repot berkeliling mencari penjual, hanya perlu handphone, tablet ataupun pc yang di gunakan secara mobile. Lalu ketemu!

Saat ini berapa banyak pengguna aktif mesin pencari google dan media sosial seperti facebook serta instagram di Indonesia bahkan di dunia? Sepertinya memang benar, bahwa konsumen kita kini berada di dunia digital. Maka dari itu tawarkan dan buatlah toko kita lebih dekat dengan mereka di dunia digital. Bagi pemilik usaha sendiri, menggunakan media digital untuk pemasaran dapat menjadi cara yang lebih efektif. Terhubung dengan konsumen yang sudah tertarget atau di tentukan kriterianya sesuai rencana bisnis masing-masing melalui media sosial lebih terjangkau dan mudah dari pada menggunakan media cetak. 

Jenis dan budget dari digital marketing ini pun terbuka untuk berbagai level usaha mulai dari usaha kecil, menengah dan usaha yang sudah besar. Misalnya Anda memiliki bisnis online shop dengan produk pakaian, di banding mencetak iklan di koran misalnya yang hanya bisa di lihat secara monoton dan butuh beberapa step untuk calon customer menghubungi kontak Anda, dengan iklan instagram yang bisa berupa video atau foto slide yang menarik, satu kali klik saja maka audiens yang merupakan potensial customer bisa mengunjungi website atau profil di instagram untuk melihat lebih lanjut produk-produk Anda. Brand dari perusahaan Anda juga perlahan bisa menjadi brand top of mind karena selalu muncul dan terlihat menarik di website manapun ketika pengguna internet menggunakan google dan membuka website jika Anda menggunakan google ads atau banner ads.

Hal yang sangat penting dan dapat pula di bilang cukup mendasar dalam digital marketing adalah website yang kita kelola. Kita harus bijak dalam mengelola website, sebab website adalah representasi dari bisnis dan brand suatu perusahaan. Pastikan bahwa website yang kita miliki memiliki target pasar yang jelas, mudah ditemukan dan termasuk daftar pencarian teratas, informasi di dalamnya up to date, banyak saluran komunikasi yang memudahkan customer menghubungi kita dan terakhir, pastikan terhubung dengan strategi pemasaran lain. 

Selain itu, hal ini juga berhubungan dengan desain grafis yang ditampilkan. Karena seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa digital marketing merupakan cara/strategi promosi, dan promosi sendiri merupakan sebuah proses yang terhubung dengan berbagai aspek yang dapat menginformasikan, membujuk, mempengaruhi suatu keputusan pembelian agar sesuai dengan keinginan kebutuhan calon customer.

Dari penjelasan diatas dari kita simpulkan bahwa peran penting digital marketing terdapat pada pembangunan bisnis dan brand secara efektif yang berefek pada keputusan pembelian customer. Sehingga penting bagi pebisnis masa kini untuk tidak ‘gagap’ teknologi digital untuk kepentingan usahanya. 

Tetapi kembali lagi pada asumsi dasar bahwa promosi yang merupakan rangkaian proses kegiatan yang kompleks dan kontinu/tidak cukup sekali. Bukan berarti kita harus menggunakan semua media digital marketing secara sekaligus, hanya saja perlu ketepatan waktu dan media yang di pilih. Jika kita masih baru, kita bisa mulai perlahan sambil mencari cara dan media terbaik dalam digital marketing. Hanlyn Multi Global sebagai perusahaan Teknologi Infomasi dan Multimedia hadir untuk mendukung pembangunan ekonomi industri 4.0, kami siap memberikan layanan terbaik untuk Anda karena spirit kami adalah melakukan perbaikan terus menerus dari segi sistem maupun layanan. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan digital marketing Anda kepada kami melalui media sosial atau whatsapp kami yang tercantum di website www.hanlynmultiglobal.com

Author avatar
Hanlyn Multi Global
https://www.hanlynmultiglobal.com/

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We use cookies to give you the best experience.